IDC: Digerogoti Windows Phone, Android akan Melemah

Phone Android akan Melemah
Penjualan perangkat dengan sistem operasi Android diprediksi mencapai puncaknya pada tahun 2012 ini. Kemudian akan mentok dan turun pangsa pasarnya karena digerogoti OS Windows Phone dari Microsoft.

Prediksi tersebut dikemukakan oleh biro riset terkemuka, IDC. Menurut mereka, tahun ini pangsa pasar smartphone Android akan mencapai titik puncak 61%, kemudian berhenti tumbuh dan menurun.

Tahun 2016, Android memang diperkirakan masih akan memimpin namun pangsa pasarnya jadi 52,9%. Nah, Windows Phone saat itu diproyeksi menempati posisi runner up dengan raihan 19,2%. Ia menyalip atau setara dengan Apple iOS yang diprediksi meraih 19% market share.

Memang saat ini, pangsa pasar Windows Phone hanya 5,2%. Namun menurut IDC, masih cukup kuatnya posisi Nokia sebagai pendukung utama Windows Phone dan kedatangan Windows Phone 8 akan memperkuat posisinya.

Lalu bagaimana dengan nasib BlackBerry? Dilansir InformationWeek, pangsa pasarnya diperkirakan hanya 5,6% saja pada tahun 2016.

Masih menurut IDC, pasar ponsel dunia akan tumbuh 4% tahun ini. Ponsel jenis feature phone masih akan dominan dengan kekuasaan 61,6%. Sisanya adalah smartphone.

Leave a Reply

Silahkan berkomentar dg bahasa yang baik ^^,
Mohon untuk tidak melakukan spam !!

Diberdayakan oleh Blogger.