Di Indonesia, Masih Soal BlackBerry vs Android

Pasar ponsel di Indonesia saat ini, meski terbilang masih banyak yang menggunakan feature phone, tak sedikit pula yang beralih menggunakan smartphone. Ini terutama terjadi di kota-kota besar.

"Feature phone memang masih banyak. Masyarakat kita kan beragam. Tapi smartphone sudah mulai, kalau di kota-kota besar. Minimal pakai BlackBerry," kata praktisi gadget Lucky Sebastian.

Dikatakannya, jika dulu pengguna di Indonesia mengidolakan ponsel berbasis OS Symbian, kini yang mendapat tempat adalah BlackBerry dan Android. Ada sebagian kecil pengguna iPhone meski tidak banyak, tapi mereka terkenal sangat loyal.

BlackBerry, menurut pentolan komunitas gadget Gadtorade ini, sampai sekarang masih lebih populer dibandingkan Android. "Kalau saya bilang pangsa pasarnya setengah-setengah belum. BlackBerry masih lebih populer, tapi memang mulai tergerus pasarnya. Sementara Android terus naik," ujarnya.

Salah satu faktor BlackBerry masih lebih populer ketimbang smartphone lain, disebutkan Lucky karena sifat orang Indonesia yang senang mengobrol. Catatan lain, BlackBerry mulai masuk tepat ketika orang Indonesia saat itu mulai mengenal internet dan jaringannya mulai bagus.

"Di BlackBerry juga kan semuanya mudah. Tinggal tanya PIN berapa langsung berhubungan. Gak usah bikin account YM dulu misalnya di PC. Ini sepertinya simpel tapi kemudian mengakar," terang pria ramah ini.

Seiring perkembangan teknologi, dikatakan Lucky kini banyak juga orang tahu Android. Pilihan pengguna smartphone sudah mulai banyak yang beralih ke sistem operasi robot hijau tersebut.

"Sekarang juga banyak Android dengan harga murah dan bagus, itu sepertinya menyita perhatian banyak orang," ujarnya.

Berbeda dengan di Indonesia, di negara-negara seperti Amerika Serikat dan Eropa, pasar smartphone besutan Research In Motion ini memang dikabarkan terus digerogoti Android dan iPhone.

Bahkan, kehadiran generasi baru smartphone BlackBerry 10 nantinya dikhawatirkan para analis tak akan banyak membantu vendor asal Kanada tersebut.

Leave a Reply

Silahkan berkomentar dg bahasa yang baik ^^,
Mohon untuk tidak melakukan spam !!

Diberdayakan oleh Blogger.