Review Produk Optimus L7 Android Menengah dengan Cita Rasa Mewah




Walau kurang terdengar gaungnya dalam persaingan ponsel Android, bukan berarti LG dipandang sebelah mata. Setidaknya melalui kehadiran Optimus L7, LG ingin membuktikan eksistensinya.

Sebelumnya produsen asal Korea Selatan ini juga meluncurkan Optimus L3 yang ditujukan sebagai smartphone entry level. Bila melihat spesifikasi dan harganya yang dibanderol sekitar Rp 2,999 juta, L7 ini untuk segmen menengah.

Sebelum mengambil kesimpulan siapa yang butuh LG Optimus L7.

Desain mantap

Jangan harap LG bakal tersandung masalah desain seperti 'saudaranya', sebab desain yang diusung sangat berbeda. Gaya persegi moderen membuatnya nyaman untuk dipegang.

Walaupun terasa kokoh, satu-satunya yang agak mengganggu, berbahan plastik, ponsel ini terasa seperti memegang ponsel mainan.

Bila ditelusuri lebih jauh bodi LG L7 ini, di bagian bawah terdapat tiga tombol untuk 'Home', 'Back' dan 'Menu'. Sangat lega dengan bentang layar 4,3 inch namun pas di kantong celana, karena memang mempunyai ketipisan 8.7mm.


Tombol lainnya adalah volume suara di sebelah kiri, lalu tombol power di kanan atas berdampingan dengan head jack 3.5 mm. Sedangkan di bagian bawah adalah port microUSB yang berfungsi sebagai kabel data dan charger.

Kesimpulan ponsel ini sangat kokoh, tipis dan nyaman untuk digenggam bahkan dengan satu tangan sekalipun. Untuk Anda yang mempunyai jari dan telapak tangan yang besar.


Layar mulus

LG mempunyai teknologi untuk layar yang disebut IPS-LCD. Ini juga yang dibenamkan di perangkat LG L7 ini. Saat dijajal di dalam ruangan atau di luar ruangan yang terkena langsung sinar matahari mampu menampilkan hasil yang tidak terlalu bagus, tapi tidak jelek-jelek amat.

Handset ini datang dengan resolusi 480x800 pixel dengan tingkat kepadatan pixel 217ppi. Angka minimal yang diharapkan dari ukuran layar smartphone yang ada.
Dengan kemampuan tersebut cukuplah untuk kebutuhan aplikasi yang tidak membutuhkan grafis yang tinggi. Walaupun agak disesalkan dengan harga tersebut, setidaknya konsumen bisa mendapatkan yang lebih baik.

Satu lagi kekurangannya adalah tidak dibenamkannya sensor cahaya untuk mengatur kecerahan secara otomatis -- khususnya bila ada di luar ruangan.


Performa

Dengan prosesor single core 1GHz yang dibesut melalui Qualcomm MSM7227A dan prosesor grafis Adreno 200 cukup cocok dipasangkan dengan Android Ice Cream Sandwich plus antarmuka bawaan Optimus UI.

Dari hasil pengujian benchmark dengan Quadrant Standar hingga beberapa kali didapatkan angka 1886. Memang lumayan mulus untuk menjalankan beberapa aplikasi yang tidak terlalu berat.

Tapi jangan berharap mampu mengoptimalisasi lebih cepat seperti prosesor dual core atau multicore. Karena untuk beberapa kasus, handset ini mengalami ngelag.


Kamera dan aplikasi bawaan

LG memasangkan kamera 5 megapixel di Optimus L7. Secara garis besar, tidak terlalu buruk untuk menangkap gambar dengan keadaan minim cahaya karena sudah ditambahkan auto flash.

Saat digunakan di luar ruangan pun juga mampu merekam objek dengan detail, karena handset ini juga ditanamkan fitur autofokus untuk meringkus gambar dengan jarak dekat.

Selain itu aplikasi bawaan yang ditawarkan oleh LG cukup kaya, salah satunya adalah LG World. Memang tidak jauh berbeda Play Store, namun aplikasi ini cocok yang ingin melihat aplikasi rekomendasi dari LG.

Sabagai penunjang dari itu semua, LG membekalinya dengan baterai 1700 mAh. Dicoba digunakan terus menerus untuk bermain game dan aplikasi lainnya cukup bertahan lebih dari seharian hanya dengan sekali isi ulang baterai.


Kesimpulan


Nama besar LG memang jaminan mutu dalam membuat perangkat yang harga pantas. Dengan desain yang berbeda, serta jeroan yang ditanamkan layak rasanya kalau L7 ini cocok untuk pengguna smartphone pertama.

Bagi sudah mempunyai produk home appliance LG lainnya, rasanya cocok bila L7 ini disandingkan dengan perangkat tersebut untuk pemutar multimedia darurat.

Leave a Reply

Silahkan berkomentar dg bahasa yang baik ^^,
Mohon untuk tidak melakukan spam !!

Diberdayakan oleh Blogger.